Monday, May 23, 2011

Di Nepal, Pesawat MA-60 Beli 2 Dapat 1

    JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Meutia Hafidz mempertanyakan pembelian pesawat jenis MA-60 yang dibeli oleh Merpati Airlines.

    Dia mengungkapkan, Nepal pun pernah ditawari pembelian pesawat jenis MA-60 buatan Xian Aicraft asal China. Nepal ditawari membeli dua pesawat dengan gratis satu pesawat.

    "Yang saya tahu Nepal juga ditawari MA-60 dengan harga yang sama yakni USD11,2 juta. Dengan promosi buy two get one free, itu 2006," jelasnya saat Rapat Dengar pendapat (RDP) dengan komisi XI DPR RI, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/5/2011).

    Dia menambahkan bila pesawat dengan jenis yang sama sudah mengalami banyak kecelakaan di negara lain. Namun ternyata Merpati masih juga membeli pesawat tersebut. Kenapa kita tetap membeli pesawat itu?" tanyanya.

    Hal tersebut menjadi pertanyaannya, lantaran Sekretaris Jenderal Menteri Keuangan Mulia Nasution mengatakan bahwa pada tahun yang sama Indonesia juga melakukan kontrak perjanjian yaitu pada 7 Juni 2006.

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Sardjono Johny Tjitrokusumo menyatakan jika kecelakaan selama ini banyak diakibatkan oleh operasional, di antaranya karena landasan pesawat.

    "Kecelakaan yang banyak terjadi lebih ke operasional, yang bisa juga karena landasan. Masalah Nepal saya tidak aware dengan itu. Mungkin lebih baik kita memperoleh data yang lebih benar dari pabrikan langsung," pungkasnya.
(ade)

No comments:

Post a Comment