Monday, May 23, 2011

Teori Ekonomi Mikro : Biaya Produksi

Biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksikan oleh perusahaan tersebut.
Jenis biaya produksi :
·         Biaya eksplisit adalah pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan perusahaan.
·         Biaya implisit adalah perkiraan pengeluaran (biaya) atas faktor produksi yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.
Jangka waktu analisis :
·         Jangka pendek, yaitu jangka waktu dimana sebagian faktor produksi tidak dapat ditambah jumlahnya
·         Jangka panjang, yaitu jangka waktu dimana semua faktor produksi bersifat variabel

Tabel Biaya Jangka pendek
Untuk tas dengan harga Rp 40.000/per-orang.


Biaya tetap total (Total fixed cost/TFC) : keseluruhan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor produksi yang bersifat tetap.

Biaya variabel total (total variable cost/TVC) : keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh faktor produksi yang bersifat variabel.

Biaya total (total cost/TC) : keseluruhan biaya produksi yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah output tertentu baik yang bersifat tetap maupun variabel (TC = TFC + TVC).

Biaya rata-rata (average cost/AC) : biaya diproduksi yang diperhitungkan untuk setiap unit output (AR = TC/Q)

Biaya tetap rata-rata (average fixed cost/AFC) : biaya tetap yang dibebankan kepada satu unit output (AFC = TFC / Q)

Biaya variabel rata-rata (average variable cost/AVC) : biaya variabel yang dibebankan kepada kepada setiap unit output (AVR = TVC/Q)

Biaya marjinal (marginal cost/MC) : kenaikan biaya yang dikeluarkan perusahaan sebagai akibat kenaikan satu unit output (MCn = TCn - TCn-1)

1 comment: